Pengertian
Semantik Secara etimologis, arti semantik berasal dari kata Yunani sema
yang merupakan kata benda yang berarti 'tanda' atau 'simbol' dan samaino (kata
kerja) yang memiliki arti "tanda" atau "melambangkan".
Sedangkan istilah semantik dalam terminologi adalah studi tentang simbol atau
tanda yang mengungkapkan makna, hubungan makna satu sama lain, dan hubungan
antara kata-kata dengan konsep atau makna kata.
Semantic
network adalah reprentasi yang mengekspresikan solusi permasalahan dengan
menggunakan network (graph berarah). Didalamnya digunakan node (simpul)
untuk mereprentasikan suatu kondisi dan arc (link) untuk merepresentasikan
relasi antar simpul.
- Lexically, didalamnya terdapat node (simpul), link dan batasan-batasan khusus dari permasalahan.
- Structurally, masing-masing link akan terkoneksi dari simpul yang paling depan (head node) sampai simpul yang paling belakang (tail node)
- Semantically, semua simpul dan link merepresentasikan permasalahan tetap berada dalam batasannya
Gambar hologram
Memungkinkan kita dapat menyentuh gambar 3 dimensi dalam leptop atau android.
Dari uraian diatas,
Apa saja yang perlu ditambahkan dalam mendesain / mengembangkan semantic network dalam materi bentuk molekul? dimanakah dita dapat menambahkan nilai keagamaan pada semantic network diatas?
menurut saya yang perlu ditambahkan yakni implikasi dari proses pembelajaran pada materi bentuk molekul di kehidupan sehari-hari. dan jika ditanya dimanakah dapat ditambahkan nilai keagamaan bisa saja ditambahkan dengan membuat contoh dengan menggunakan analogi yang bersifat keagamaan yang relevan dengan materi bentuk molekul.
BalasHapusTerimakasih atas pendapat yg diberikan,
Hapusmenanggapi permasalahan diatas menurut saya yang harus ditambahakan yaitu tingkat kepraktisan dan ekonomis dari teknolgi yang digunakan. penggunaan gambar hologram yang mungkin bisa disentuh tentu menggunakan teknologi yang tinggi sehingga memerlukan biaya yang tinggi pula, selanjutnya dari tingkat kepraktiksan perangkat yang digunakan disini adalah berupa leptop/hp, akan lebih praktis bila perangkat yang digunakan berbentuk lebih kecil misalnya hanya berupa sebuah cincin yang dapat memunculkan gambar hologram yang bisa disentuh tersebut.
BalasHapuskemudian nilai keagamaan pada semantic network diatas dapat ditambahkan pada penanaman konsep mikro dari pemebelajaran bentuk molekul ini seperti pemahaman mengenai konsep keberadaan dan penciptaan tuhan, dapat ditekankan kepada siswa bahwa molekul itu tidak dapat diciptakan hanya dapat diubah menjadi bentuk lain, molekul tercipta karena tuhanlah yang menciptakaknnya, seperti itulah kira-kira. disini akan tertanam sikap percaya kepada tuhan yang maha esa pada diri siswa.
Terimakasih atas pendapat yg diberikan,
HapusSaya setuju dengan pendapat kk fira. Bahwa ingkat kepraktisan dan ekonomis dari teknolgi yang digunakan. penggunaan gambar hologram yang mungkin bisa disentuh tentu menggunakan teknologi yang tinggi sehingga memerlukan biaya yang tinggi pula, selanjutnya dari tingkat kepraktiksan perangkat yang digunakan disini adalah berupa leptop/hp, akan lebih praktis bila perangkat yang digunakan berbentuk lebih kecil misalnya hanya berupa sebuah cincin yang dapat memunculkan gambar hologram yang bisa disentuh tersebut.
Hapussaya sependapat dengan teman-teman bahwa tingkat kepraktisan dan ekonomis dari teknolgi yang digunakan. penggunaan gambar hologram yang mungkin bisa disentuh tentu menggunakan teknologi yang tinggi sehingga memerlukan biaya yang tinggi pula, selanjutnya dari tingkat kepraktiksan perangkat yang digunakan disini adalah berupa leptop/hp, akan lebih praktis bila perangkat yang digunakan berbentuk lebih kecil misalnya hanya berupa sebuah cincin yang dapat memunculkan gambar hologram yang bisa disentuh tersebut.
Hapussebagai tambahan menurut saya lebih baik dalam bentuk sofware menggingat banyaknya atribut yang harus dimiliki usernya. saya setuju dengan pendapat kk rini yang mana jika ditanya dimanakah dapat ditambahkan nilai keagamaan bisa saja ditambahkan dengan membuat contoh dengan menggunakan analogi yang bersifat keagamaan yang relevan dengan materi bentuk molekul.
BalasHapusTerimakasih atas pendapat yg diberikan,
Hapusaspek keagamaan secara tidak langsung dapat bergabung dengan aspek sosial yang sudang tertulis pada semantic network yang sugeng buat, seperti pada bagian presentasi dimana muncul aspek saling menghargai, etika berkomunikasi, bekerjasama dll yang secara implisit sudah mengandung nilai nilai keagamaan
BalasHapusTerimakasih atas pendapat yg diberikan,
Hapusmenambahkan sedkit, yang harus ditambahakan yaitu tingkat kepraktisan dan ekonomis dari teknolgi yang digunakan. penggunaan gambar hologram yang mungkin bisa disentuh tentu menggunakan teknologi yang tinggi sehingga memerlukan biaya yang tinggi pula, selanjutnya dari tingkat kepraktiksan perangkat yang digunakan disini adalah berupa leptop/hp, akan lebih praktis bila perangkat yang digunakan berbentuk lebih kecil misalnya hanya berupa sebuah cincin yang dapat memunculkan gambar hologram yang bisa disentuh tersebut.
HapusMenurut saya nilai keagamaan yang ditanam pada saat tahap konfirmasi dan siswa menyimpulkan pelajaran, dimana bentuk molekul yang ada tidak ada yang mampu merancangnya kecuali kuasa Allah SWT. jika kita diminta membuat bentuk molekul yang sebegitu rumit dan dalam jumlah yang banyak dalam alam ini, tak ada manusia yang mampu menyaingi kemampuan Allah SWT. jadi siswa mampu menyadari kuasa Tuhan dalam proses pembelajaran dan materi yang ada di alam ini adalah kuasanya
BalasHapussependapat dengan melda dimana nilai keagamaan yang ditanam pada saat tahap konfirmasi dan siswa menyimpulkan pelajaran, dimana bentuk molekul yang ada tidak ada yang mampu merancangnya kecuali kuasa Allah SWT. jika kita diminta membuat bentuk molekul yang sebegitu rumit dan dalam jumlah yang banyak dalam alam ini, tak ada manusia yang mampu menyaingi kemampuan Allah SWT
HapusAI-nya belum terlihat.
BalasHapuskeadaan kededapannya belum terlihat
Hapusbahasa,
BalasHapusterjemahan,
otomaticle
implikasi dari proses pembelajaran pada materi bentuk molekul di kehidupan sehari-hari. dan jika ditanya dimanakah dapat ditambahkan nilai keagamaan bisa saja ditambahkan dengan membuat contoh dengan menggunakan analogi yang bersifat keagamaan yang relevan dengan materi bentuk molekul.
BalasHapusSaya setuju dengan pendapat teman-teman sebelumnya yakni yang perlu sugen perhatikan dalam pengembangan semantik network ini adalah tingkat kepraktisan dan ekonomis apakah nanti siswa mampu menggunakannya dan apabila SN ini tidak praktis tentunya siswa menjadi pesimis dalam menggunakannya dan malah tidak memahami materi. Lalu benar yang dikatakan kakak-kakak sebelumnya jika aspek sosial dan keagamaan secara tidak langsung ada ketika mengalami diskusi atau persentasi lalu selain itu juga bisa kita masukkan bahwa kuasa Allah lah yang dapat membentuk suatu unsur agar bisa berikatan
BalasHapusnilai" seperti keagamaan, kemanusiaan, patriotisme dan lain sebagainya sebenarnya bisa kita tambahkan saat ketika sedang mengajar di kegiatan inti sehingga siswa pun dapat mengaitkan kenapa alam ini dapat terjadi dan terbentuk
BalasHapussaya setuju dengan pendapat temen-teman diatas nilai keagamaan dapat diterapkan melalui analogi dan juga bisa kita tambahkan saat ketika sedang mengajar di kegiatan inti sehingga siswa pun dapat mengaitkan kenapa alam ini dapat terjadi dan terbentuk. dan nilai agama juga telah diterapkan saat pembukaan pembelajaran yaitu menugaskan siswa berdoa sebelum belajar menurut kepercayaan mereka masing-masing karena dengan berdoa dapat mengingatkan dia dengan tuhannya.
BalasHapussaya setuju dengan pendapat temen-teman diatas nilai keagamaan dapat diterapkan melalui analogi dan juga bisa kita tambahkan saat ketika sedang mengajar. selain itu pada saat presentasi bisa kita sisipkan muatan2 agama seperti menghargai sesama, interaksi antar individu, dll.
BalasHapus