Selasa, 13 November 2018

Materi 10. Aplikasi Trend Internet of Things (IoT) untuk Pembelajaran Kimia

Internet of Things atau IoT adalah sebuah konsep besar saat ini yang dinilai mampu merevolusi semua industri dan juga masyarakat. Bahkan dalam pendidikan pun Internet of Things ini menjadi salah satu teknologi yang saat ini dipertimbangkan oleh para pengajar maupun anggota pemerintah yang terkait dengan pendidikan untuk menggunakannya guna berinovasi dan meningkatkan pembelajaran.

Dengan Internet ini, belajar menjadi lebih dinamis dengan cara mengintegrasikan metode tradisional dengan metode baru (IoT). Selain itu, dampak pembelajaran dengan IoT ini juga dinilai mampu menjadikan pelajaran di kelas serta diskusi antar siswa lebih hidup. Bahkan dengan IoT siswa juga akan mampu mengeksplorasi metode-metode belajar lainnya. Sebagai contoh, siswa dapat belajar dirumah dengan melihat video, terlibat dalam proyek kemudian mendiskusikan hasil belajar di luar kelas tersebut saat kembali ke sekolah. Selain itu, teknologi modern dan IoT tidak terbatas hanya pada bagaimana siswa belajar tapi juga dapat meningkatkan keamanan IoT sendiri serta akses  yang lebih luas untuk mendapatkan informasi. Selain itu juga dapat melacak sumber daya utama.

Pengaruh IoT ini juga memiliki efek lebih jauh lagi bagi para pelajar. Dalam pendidikan tinggi misalnya universitas, sebagai mahasiswa mungkin saat ini telah bosan dengan menggunakan buku, kebanyakan dari mereka lebih suka dengan teknologi seperti smartphone, tablet, laptop dan gadget lainnya. Dengan IoT ini akses informasi yang mudah di akses dari mana pun dan kapan pun, akan membuat pelajar mampu mempelajari segala sesuatu yang baru. Bahkan akan mendorong para pelajar untuk mempelajari lebih lanjut lagi.

https://youtu.be/AOhtSMAfz98


Dari tampilan diatas, Bagaimana pendapat anda tentang media yg dibuat? Apakah materi atau pesan yang disampaikan sudah jelas? Hal apa yang perlu diperbaiki penulis demi perbaikan video diatas ?

14 komentar:

  1. Media yg saudara buat menurut saya sudah baik namun alangkah lebih menarik perhatian siswa diberikan sedikit animasi pada sela sela penjelasan agar lebih menarik perhatian pelihat. Untuk materi menurut saya sudah lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas pendapat yang saudari berikan,
      saya menghargai penda[at anda, tetapi animasi seperti ap yang bisa ditambahkan?

      Hapus
    2. Ingin membantu menjawab. Bisa saja di pakai animasi sepasang manusia wanita dan laki laki dimana mereka sling berikatan dan juga bisa di tambah animasi sepeti bola atom yg begerak sesuai dengan aturan elektron nya.

      Hapus
  2. saran saya mungkin bisa ditambahkan dengan kuis tentang materi tsb. sehingga di video Anda anak juga tertarik untuk menyelesaikan soal

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat rina, dengan adanya kuis dapat memancing siswa atau pembelajar yang sedang menonton video Anda tidak hanya menerima materi namun juga ikut berpikir dan sekaligus belajar membenarkan jawaban atau menyalahkan jawabannya sendiri dari materi yang anda sampaikan.
      untuk video penjelasan dengan animasi sudah cukup menarik perhatian siswa untuk belajar dan mudah memahaminya

      Hapus
    2. saya setuju dengan rina dan melda bahwa akan lebih baik ada kuis yang bisa dikerjakan oleh siswa, selain itu untuk video yang sugeng buat akan lebih baik jika ada implikasi materi yang dibahas dalam video dengan kehidupan sehari-hari sehingga materi dapat bermakna mendalam didalam pembelajaran

      Hapus
    3. Saya sependapat dengan saudari rini, melda dan juga rina..
      Lebih baik jika diselingin soal dan juga pengimplikasian di kehidupan sehari -hari .

      Video yang di buat sudah baik.
      Tapi di opening suarang masih kurang jelas karena banyak gangguan dari luar.
      Dan resolusi kecerahan bisa di terangi karena agak sedikit gelap saat pembukaan opening nya

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat rina, kk melda dan kk rini, bahwa lebih bagusnya lagi ditambahkan dengan kuis-kuis materi sehingga penonton termotivasi dan tertarik untuk belajar

      Hapus
    5. menurut saya video yang dibuat oleh bang sugeng sudah bagus dan menarik serta jelas untuk dipelajari siswa dirumah, namun sependapat dengan teman-teman akan lebih baik bila ditambahkan sebuah kuis dimana siswa dapat sekaligus mengerjakan soal terkait materi ikatan molekul ini. hanya saja kekurangan dari video ini adalah pada efek suara dan pencahayaannya hal ini perlu menjadi perhatian agar penonton dari video yang telah buat tetap menyaksikan video pembelajarannya sampai selesai

      Hapus
  3. saran saya yaitu untuk pencahayaannya lebih diterangkan lagi. serta tambahkan animisi 3D itu bentuk molekul dan pembentukan ikatan sehingga lebih menarik

    BalasHapus
  4. Video yang dibuat sugeng sudah baik benar kata tri lebih baik pencahayaannya diterangkan dan ditambahkan kuis kuis karena sugeng memaparkan konsep dan sebaiknya ada tips dalam mengerjakan soal kimianya

    BalasHapus
  5. sependapat dengan fani dan tri, Video yang dibuat sugeng sudah baik namun lebih baik pencahayaannya lebih diterangkan dan juga ditambahkan kuis kuis karena sugeng memaparkan konsep dan sebaiknya ada tips dalam mengerjakan soal kimianya. semoga kedepannya akan tercipta video yang lebih inovatif lagi

    BalasHapus
  6. saya sependapat dengan teman" diatas tentang Video yang dibuat sugeng sudah baik namun lebih baik pencahayaannya lebih diterangkan dan juga ditambahkan kuis kuis soal kimia, dan juga contoh-contoh.

    BalasHapus
  7. Video yang dibuat sugeng sudah baik, namun pada penyampaian materi sebaiknya ditambah dengan animasi-animasi sehingga bisa divisualkakan materi yang akan disampaikan.

    BalasHapus

Materi 7. Penyusunan Rubrik Penilaian Kreativitas (Berpikir Kreatif) dalam Kimia

Definisi Kreativitas Kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, apakah suatu gagasan atau suatu objek dalam su...